625.312 Guru Akan Mengikuti Uji Kompetensi Guru

Sebanyak 625.312 guru di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG). Uji kompetensi yang akan dimulai tanggal 27 Mei sampai 8 Juni 2013 ini akan diikuti guru SD sampai SMA/SMK. Uji kompetensi guru tahun ini adalah tahun kedua sejak digelar mulai tahun 2012.

UKG dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Peta penguasaan kompetensi guru tersebut akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru. UKG juga sebagai persyaratan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Guru-guru di seluruh Indonesia akan melaksanakan dengan 2 sistem, yaitu secara online dan manual. UKG online dilaksanakan pada daerah yang memiliki laboratorium komputer dan terhubung dengan internet. UGK dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) dengan didampingi oleh operator TUK. Ada 2.230 TUK di seluruh Indonesia yang menjadi tempat dilaksanakannya tempat ujian.

Sedangkan UKG manual hanya diterapkan di 42 Kabupaten/Kota, yaitu wilayah yang masih belum terjangkau internet. Untuk UKG manual dilaksanakan pada 5 Juni 2013. Setiap guru akan menerima soal sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Soal UKG terdiri dari 100 soal dengan waktu 120 menit.(krc)
Share on Facebook Share on Google Plus

About Depy Elpian

Hidup Itu Indah jangan Dibikin Susah. Depy Elpian "Hamparan Pugu" Kerinci Jambi.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar